7 Penyakit di Kolam Renang, mulai Diare hingga Hepatitis


w2nnews.com --- Kedengarannya menyenangkan saat Anda bersantai dan menghabiskan waktu bersama teman-teman di sebuah resor dan renang dengan minuman yang mampu melepas dahaga.

Berenang adalah salah satu bentuk latihan terbaik! Namun, seperti kebanyakan, kolam renang juga memiliki efek terhadap kesehatan, baik positif dan negatif.

Manfaat kesehatan berenang secara teratur dapat mempengaruhi berat badan, tonik tubuh, penguatan otot, peningkatan fleksibilitas tubuh, energi boot, mengobati depresi, dan sebagainya. Namun, jika Anda berenang secara teratur di kolam renang umum, maka Anda harus sadar akan hal negatif yang mungkin terjadi.

Sama seperti bagaimana berolahraga di gym yang sangat sehat, tetapi dilengkapi dengan serangkaian risiko sendiri, berenang juga memiliki potensi risiko kesehatan tertentu. Berikut ini uladsannya.

1. Diare
Diare adalah suatu bentuk gerakan longgar kronis yang sangat umum ketika orang menderita keracunan makanan, flu, dan lainnya, meskipun tampaknya seperti masalah sederhana, diare dapat menyebabkan dehidrasi kronis dan bahkan bisa berakibat fatal bila tidak diobati.

Diare bisa terjadi di kolam renang melalui kuman spesifik yang dikenal sebagai 'Cryptosporidium'. Hal ini terjadi  jika kolam renang tidak higienis, di mana banyak orang berenang dan meninggalkan jejak urin atau masalah feses. Kuman ini bisa menyebabkan diare kronis.

2. Iritasi Mata
Jika Anda cukup rutin berenang, Anda bisa mengalami iritasi dan kemerahan pada mata, itu mungkin karena klorin dan desinfektan kimia lainnya yang digunakan di kolam renang.

Zat kimia ini dapat mengiritasi jaringan halus mata. Selain itu, kotoran dan keringat yang ditinggalkan oleh orang lain di kolam juga bisa menyebabkan alergi pada mata.

3. Infeksi Telinga
Ada berbagai macam koloni bakteri yang tumbuh di perairan kolam renang dan bahkan dinding kolam renang, terutama di kolam renang umum yang digunakan oleh banyak dan kolam yang tidak higienis. Beberapa strain bakteri ini bisa masuk ke telinga saat berenang dan menyebabkan infeksi, peradangan, dan gatal-gatal. Jadi, disarankan untuk mengenakan penutup telinga saat berenang di kolam renang umum.

4. Infeksi Kulit
Jika Anda telah melihat ruam dan gatal-gatal pada kulit, akhir-akhir ini atau kemerahan dan peradangan nanah yang menyakitkan, maka kulit Anda bisa terinfeksi dari kolam renang.

Strain bakteri yang dikenal sebagai 'Pseudomonas aeruginosa', dapat menyebabkan infeksi kulit pada manusia dan mereka hadir di kolam renang. Jadi, bersihkan diri Anda dengan sabun disinfektan setelah setiap berenang dan mencuci pakaian renang Anda dengan baik dapat membantu mencegah kondisi ini.

5. Keracunan Makanan
Menurut penelitian yang dilakukan pada 2013, ditemukan setidaknya 60% dari kolam renang umum di sekolah, apartemen, pusat olahraga, adalah rumah bagi bakteri terkenal yang dikenal sebagai E. Coli.

Bakteri ini bertanggung jawab untuk menyebabkan keracunan makanan yang parah, ketika masuk ke sistem seseorang melalui kulit atau mulut. Jadi, sangat penting untuk memastikan bahwa kolam bersih, sebelum Anda terjun.

6. Penyakit Legionnaires
Penyakit Legionnaires merupakan bentuk penyakit langka yang disebabkan bakteri yang dikenal sebagai 'legionella'. Penyakit ini dapat menyebabkan jenis pneumonia dan infeksi pernapasan yang parah.

Beberapa gejala penyakit Legionnaire adalah sakit kepala, demam tinggi, nyeri otot, menggigil.  bakteri BThe 'legionella' juga dapat ditemukan di kolam renang umum yang tidak higienis, sehingga salah satu harus berhati-hati.

7. Hepatitis A
Hepatitis A adalah kondisi hati yang serius yang disebabkan virus hepatitis A. Biasanya menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Penyakit ini dapat merusak hati dan menyebabkan gejala seperti sakit perut, mual, dan demam tinggi.

Telah ditemukan melalui studi penelitian bahwa virus hepatitis A juga dapat ditemukan di kolam renang umum tertentu, jika telah digunakan oleh seseorang yang terinfeksi penyakit ini sebelumnya sehingga mendapatkan air yang terkontaminasi.