Dana BOS 2017 Tak Bisa Dicairkan, UNBK SMA Sederajat Di Kab. Mesuji Gunakan Dana Talangan (HUTANG).


W2NNEWS.COM --- Hingga saat ini dana BOS triwulan pertama belum bisa dicairkan seutuhnya oleh kepala sekolah, sehingga pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menggunakan dana talangan.

 

Seperti keluh kesah Tatak Hariyanto Kepala Sekolah SMKN 1 Simpang Pematang Kabupaten Mesuji, juga menjabat sebagai Ketua PGRI Mesuji,  kepada wartawan W2NNWES.COM mengatakan,  karena dana BOS yang bersumber dari APBD pusat dan BOS Da yang bersumber dari APBD Provinsi hingga kini belum cair.

 

“Macet mas kami, Dana Bos bersumber APBD Pusat dan Dana Bos Daerah bersumber APBD Provinsi Lampung, hingga kini belum cair. Untuk menggelar UNBK ini, kami menggunakan dana talangan (hutang),beber salah satu kepala sekolah yang namanya enggan disebutkan.

 

Dijelaskanya, Kabupaten Mesuji saat ini terdapat 15 Sekolah SMA dan sederajatnya yang terdiri dari 7 Sekolahan berstatus Negeri dan 8 sekolahan berstatus Swasta. Baru mendapatkan jatah Dana Bos Daerah hanya sebanyak 77 siswa, untuk jenjang SMA dan sederajatnya.

 

"Dana BOS Da sebanyak 77 siswa itu sebenarnya, untuk sekolahku ini saja tak cukup sedangkan ini harus kita bagikan untuk 14 sekolah lainnya. Tergambarkan nasib kami ini seperti apa sekarang,” papar Tatak dengan nada sedikit sinis. (Recky)