Hujan Deras Bupati Lampung Tengah Dr. Ir. Hi Mustafa Tetap Ronda


W2NNEWS.COM --- Hujan deras yang mengguyur Lampung Tengah, Kamis dini hari (25/1/2017), tak membuat bupati Mustafa absen melakukan ronda malam. Ronda kali ini bupati melakukan kunjungan ke Kampung Bina Karja Jaya, Kecamatan Putra Rumbia.

Mengendarai mobil patroli ronda, Bupati Mustafa bergerak menuju lokasi ronda. Butuh waktu kurang lebih 2 jam untuk tiba di lokasi. Setiba di lokasi Bupati di sambut antusias sejumlah warga yang melakukan ronda."Gimana pak, disini rondanya? Aktif apa enggak?" tanya bupati.

"Alhamdulilah aktif pak. Orang bupatinya saja hujan-hujan ronda masa kita enggak ronda," jawab salah satu warga.

Setelah berbincang-bincang, bupati ikut berbaur dengan warga membakar jagung, dan menyantap jagung bakar. Sesekali dia memancing warga untuk berdikusi terkait pembangunan kampung, permasalahan dan harapan-harapan warga.

Bupati Mustafa mengatakan, ronda merupakan akar budaya yang harus terus dilestarikan. Menurutnya banyak manfaat bisa didapat dari aktivitas ronda, mulai dari kebersamaan, solidaritas dan kekompakan.

Apabila kegiatan ronda dilaksanakan dengan benar maka keamanan bukan menjadi masalah bagi Lampung Tengah. 

Terbukti lanjut Mustafa, melalui program ronda ini, angka kriminalitasi di Lamteng berkurang sangat signifikan. Ronda sambung Mustafa lagi, bisa menjadikan pikiran negatif menjadi positif. 

"Sebelum ada ronda ini sering terjadi konflik antar warga dan aksi kriminalitas. Nah dengan kegiatan ini saya rasa mampu menjaga kerukunan antarwarga dan menutup ruang gerak pelaku kriminal,"jelas Mustafa.

Kedepan Mustafa berharap seluruh masyarakat Lamteng bisa aktif menggalakkan ronda di tempat tinggalnya masing-masing. "Melalui ronda saya berharap masyarakat kita bisa semakin solid untuk membangun Lampung Tengah lebih baik lagi," tukasnya. (nvl)