Sekdakab Lampura Drs. Samsir MM menghadiri Lomba Mewarnai


W2NNEWS.COM — Bupati Lampung Utara Agung Mangkunegara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung utara Drs. Samsir mengahdiri acara Lomba mewarnai dari tingkat Paut, TK dan Melukis Tingkat SD, rabu 1/6.

Hadir pada acara tersebut, Ketua dan anggota  DPRD Kabupaten Lampung Utara, forkopimda atau yang mewakili oleh stap ahli, para asisten, kepala dinas, penguus dewan kesenian, ketua tim pengerak PKK, Dharma Wanita serta dewan guru dan camat se-Lampung utara.

Sekdakab  Lampura Drs Samsir dalam sambutan mengatakan, Sebagaimana kita ketahui, bahwa seni pada hakekatnya merupakan unsur dari sebuah kebudayaan. Seni telah melekat dalam diri manusia, sehingga tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga membentuk kultur budaya disetiap daerah masing-masing, kata Samsir.

Selain itu juga, Budaya daerah adalah akar dari budaya nasional, yang tentu saja apabila budaya daerah berdiri dengan kokoh, pasti budaya nasional juga akan sama kokohnya, ungkapnya.

Ia menjelaskan, indonesia memiliki beragam kesenian yang berbeda-beda disetiap daerah, hal ini dikarenakan Indonesia terdiri bermacam-macam suku, sehingga memiliki ciri khas masing-masing, yang menjadikan bangsa Indonesia sebuah satu kesatuan yang utuh sesuai dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Pembangunan dibidang seni harus bisa membawa manfaat bagi kita semua, bagi para pelaku seni serta bagi masyarakat pada umumnya. Seni tidak hanya sebagai sebuah karya yang harus diapresiasi saja, tetapi juga harus mampu memberikan berbagai perubahan positif, yang tetap lestari dan menjadi simbol kepribadian, serta menjadi unsur hiburan, ekonomi, pendidikan, dan pariwisata. karena semua unsur ini saling terkait dan saling mendukung, jelasnya.,

Sebagai unsur hiburan, sudah jelas seni merupakan keindahan dari hasil karya dan karsa yang dapat kita nikmati. Sebagai unsur pendidikan, seni memiliki filosofi dalam mendidik kita tentang nilai luhur budaya bangsa, yang harus terus dipelajari dan dikembangkan. Sebagai unsur ekonomi, seni dapat dijadikan salah satu mata pencaharian, dan bila diberdayakan dengan baik, maka bisa membuka lapangan kerja. Sedangkan pada unsur pariwisata, seni menjadi salah satu pertunjukan yang bisa diagendakan dalam satu paket event wisata daerah.

Oleh karena itu, saya atas nama pribadi dan Pimpinan Daerah Kabupaten Lampung Utara menyambut baik, dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pentas Seni Anak dan Guru Tahun 2016 yang dilaksanakan oleh Dewan Kesenian Lampung Utara. Hal ini menunjukkan kesadaran kita dalam membina dan mengembangkan minat dan bakat anak-anak, yang sekaligus menumbuhkan rasa cinta tanah air, sehingga pembangunan seni dan budaya dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapnya.

Dengan dukungan kita semua, termasuk Dewan Kesenian Lampung Utara, keberhasilan pembangunan di Kabupaten Lampung Utara telah nyata dirasakan oleh masyarakat. Dalam kurun waktu 2 (dua) tahun, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah meraih 45 penghargaan, baik tingkat provinsi maupun nasional, Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat 300%, pelayanan gratis dibidang kesehatan dan pendidikan, pembangunan dan perbaikan infrastruktur, serta peningkatan kinerja Aparatur Pemerintah.

Saya sangat mengarapkan, kepada Dewan Kesenian Lampung Utara (DKLU) sebagai wadah para pelaku seni, untuk terus mendukung program pembanguan, khususnya untuk memajukan bidang seni yang ada di Kabupaten Lampung Utara, melalui berbagai aktivitas, kreativitas dan manajemen seni yang baik, harapnya.

Selain itu, aktivitas seni ini perlu dilakukan secara intens dan luas, tidak hanya diselenggarakan untuk komunitas tertentu saja, namun dapat mempromosikan hingga ke luar daerah.

Dan kepada anak-anakku serta para dewan Guru yang turut ambil bagia

n dalam event kesenian ini, saya ucapkan terima kasih, dan jadikan momen ini untuk lebih mencintai seni dan budaya sebagai wujud kita terhadap cinta tanah air, tutupnya.(ADV)