Pelantikan Kepala Daerah Yang Terpilih Beberapa Bulan Lalu, Akan di Lantik Pada Bulan Juni 2017


W2NNEWS.COM---Pelantikan pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak pada 15 februari 2017 akan dilaksanakan secara bertahab sesuai dengan akhir masa jabatan(AMJ),3 kabupaten diprovinsi lampung pelantikan bakal digelar Mei atau Juni 2017. Kendati demikan, Pemprov Lampung tengah menunggu peraturan presiden terkait rencana pelantikan kepala daerah terpilih tersebut.


Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Chandri mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi Lampung masih menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri RI terhadap waktu pelaksanaan pelantikan 3 dari 5 kepala daerah dan wakil depala daerah di Kabupaten Provinsi Lampung yang telah melakukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak bulan Februari lalu karena mengingat Akhir Masa Jabatan (AMJ) ke- 3 Kepala Daerah sebelumnya tersebut telah berakhir.


Adapun 3 Kabupaten tersebut meliputi Tulangbawang Barat yang masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati berakhir pada 23 November 2016, Pringsewu (5 November 2016), dan Mesuji (13 April 2017). Dan 2 Kabupaten lain nya yaitu Lampung Barat akan berakhir pada (11 Desember 2017), dan Tulangbawang (17 Desember 2017) yang akan dilantik setelah masa jabatannya habis. “3 Kabupaten akan segera dilantik, ini akan bertahap pelantikannya, setelah itu 2 Kabupaten lainnya akan dilantik setelah AMJ Kepala Daerah sebelumnya habis,”ujarnya, Senin (8/5/2017)


Lebih lanjut Chandri mengatakan bahwa pihaknya belum dapat memastikan kapan pelantikan tersebut akan dilaksanakan, namun pihaknya merencanakan pelaksanaan tersebut selambat-lambatnya akan dilakukan akhir bulan Juni. “Belum dipastikan kapannya pelantikan tersebut dilakukan, karena belum ada informasi lebih lanjut dari Kemendagri yang terkait dengan Surat Keputusan Presiden RI, tetapi yang jelas akan di laksanakan di Balai Keratun dan selambat-lambatnya akhir juni, untuk itu kita harus mempersiapkan dari sekarang,” tuturnya.


Chandri menambahkan Pemerintah Provinsi Lampung bersama 3 Kabupaten, telah menyusun kegiatan, tugas dan tanggung jawab untuk dilaksanakan pada proses acara tersebut. “Kita dari sekarang sudah membuat rencana kegiatan dan tanggung jawab yang akan diaplikasikan secara teknis, pada setiap Kabupaten untuk menyiapkan yang sudah menjadi tugasnya begitu juga dengan Provinsi, ini pimpinan tertinggi Kabupaten yang dilantik oleh pimpinan tertinggi Provinsi, untuk itu harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin,”ucapnya. (Recky)