Ini Efek Panaskan Makanan Pakai Wadah Plastik di Microwave


w2nnews.com --- Tidak sulit menemukan oven microwave di dapur. Pasalnya hal itu sudah menjadi kebutuhan untuk memasak cepat dan memanaskan makanan, bahkan di tempat kerja dan restoran. Tetapi Anda harus memastikan bahwa wadah yang masuk ke microwave aman dan food grade?

Anda akan berpikir dua kali untuk menggunakan wadah plastik di microwave saat mengetahui faktanya. Pasalnya makanan dengan wadah plastic yang dimasakkan ke microwave berbahaya bagi kesehatan.

Seperti dilansir Boldsky, para ilmuwan mengungkap pemanas atau microwave makanan dalam wadah plastik dapat memicu infertilitas, kanker, kegemukan, dan hipertensi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di sekolah kedokteran Harvard, plastik mikro melepaskan zat kimia yang disebut dioxin ke dalam makanan.

Dioxin adalah zat kimia yang diproduksi ketika zat seperti sampah, plastik, kayu, logam terbakar. Oleh karena itu, plastik, ketika dipanaskan bersama dengan makanan di dalam microwave akan menghasilkan dioksin ke dalam makanan, yang merupakan salah satu penyebab utama kanker.

Memang perlu untuk mengurangi penggunaan plastik untuk meminimalkan risiko kesehatan. Sebanyak 95% dari semua bahan kimia dalam plastik dilepaskan ketika dipanaskan. Ada risiko yang lebih tinggi dari hipertensi, diabetes, obesitas dan bahkan kanker seperti yang diungkapkan oleh ahli diet.

Seperti diketahui, plastik pada dasarnya adalah campuran yang terbuat dari berbagai senyawa organik dan anorganik. Kebanyakan plastik didasarkan pada atom karbon. Atom karbon terhubung dan zat sering ditambahkan ke plastik untuk memberikan bentuk dan menstabilkan campuran.

Dua aditif yang digunakan untuk membuat plastik adalah Bisphenol (BPA)  dan Phthalates Bisphenol A yang  biasanya disebut plastik keras dan ditambahkan untuk membuat plastik bening. Phthalates adalah zat untuk membuat plastik menjadi lembut dan mudah.

Bahan kimia ini sangat berbahaya dan harus dijauhkan dari konsumsi manusia. Juga terbukti bahwa mengkonsumsi bahan kimia ini dapat menyebabkan disfungsi endokrin, perubahan hormon dan infertilitas. Jumlah migrasi BPA dan ftalat ke tubuh manusia biasanya tinggi ketika makanan yang terbungkus plastik memiliki lebih banyak kandungan lemak.

Wadah yang disetujui, kemudian dipublikasikan sebagai wadah microwave adalah tempat yang ada simbol microwave. Ini aman digunakan untuk memanaskan di dalam microwave. Selain itu, hal yang harus diperhatikan saat menggunakan microwave untuk memanaskan makanan, yakni tidak membiarkan plastik pembungkus atau wadah plastik bersentuhan dengan makanan saat di microwave karena dapat meleleh dan berbahaya bagi kesehatan.

Nampan makan malam microwave juga disarankan digunakan satu kali saja. Kemudian, pastikan membuangnya setelah digunakan sekali.